Menambah dan Mengatur Produk

 

Menambahkan produk #

Sebelum menambahkan produk pertama Anda, mari kita pelajari cara kerja kategori produk, tag, dan atribut.

Kategori Produk #

Kategori dan tag produk bekerja dengan cara yang sama seperti kategori dan tag biasa yang Anda miliki saat menulis posting di WordPress. Mereka dapat dibuat, diedit, dan dipilih kapan saja. Ini dapat dilakukan saat Anda pertama kali membuat produk atau kembali dan mengeditnya atau kategori / tag secara khusus.

Atribut #

Ini dapat ditambahkan per produk, atau Anda dapat mengatur atribut global untuk digunakan seluruh toko (misalnya, dalam navigasi berlapis).

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat: Mengelola Kategori Produk, Tag dan Atribut

Jenis Produk #

Dengan mengatur atribut dan kategori serta manajemen stok yang dikonfigurasi, kita dapat mulai menambahkan produk. Saat menambahkan produk, hal pertama yang harus diputuskan adalah jenis produknya.

  • Sederhana – mencakup sebagian besar produk yang mungkin Anda jual. Produk sederhana dikirimkan dan tidak memiliki pilihan. Misalnya sebuah buku.
  • Dikelompokkan – kumpulan produk terkait yang dapat dibeli secara individual dan hanya terdiri dari produk sederhana. Misalnya satu set enam gelas minum.
  • Virtual – yang tidak memerlukan pengiriman. Misalnya, layanan. Mengaktifkan ini, menonaktifkan semua bidang terkait pengiriman seperti dimensi pengiriman. Produk virtual juga tidak akan memicu kalkulator pengiriman di keranjang dan pembayaran.
  • Dapat diunduh – mengaktifkan bidang tambahan tempat Anda menyediakan file yang dapat diunduh. Setelah pembelian berhasil, pelanggan diberikan file yang dapat diunduh sebagai tautan di email pemberitahuan pesanan. Ini cocok, misalnya untuk album digital, majalah PDF, atau foto.
  • Eksternal atau Afiliasi – salah satu yang Anda cantumkan dan jelaskan di situs web Anda tetapi dijual di tempat lain.
  • Variabel – produk dengan variasi, yang masing-masing mungkin memiliki SKU yang berbeda, harga, pilihan stok, dll. Misalnya, kaos tersedia dalam warna dan / atau ukuran yang berbeda.
  • Jenis lain sering ditambahkan oleh ekstensi. Misalnya, Langganan WooCommerce menambahkan jenis produk baru seperti halnya Pemesanan WooCommerce.

 

Menambahkan produk sederhana #

Menambahkan produk Sederhana mirip dengan menulis posting di WordPress.

  • Buka WooCommerce> Produk> Tambahkan Produk.
  • Anda kemudian memiliki antarmuka yang familier dan akan langsung merasa seperti di rumah sendiri.
  • Masukkan Judul dan Deskripsi produk.
  • Buka panel Data Produk, dan pilih dapat diunduh (digital) atau virtual (layanan) jika berlaku.
    WooCommerce Add Product - Familiar Interface

Catatan: Produk virtual tidak memerlukan pengiriman – pesanan dengan produk virtual tidak akan menghitung biaya pengiriman.

 

Data produk #

Kotak meta Data Produk adalah tempat sebagian besar data penting ditambahkan untuk produk Anda.

WooCommerce Product Data metabox

Bagian umum #

Harga #

  • Harga Reguler – Harga normal / reguler item
  • Harga Jual – Harga diskon item yang kemudian dapat dijadwalkan untuk rentang tanggal tertentu. Obral berakhir pada 11:59 malam dari tanggal akhir yang ditentukan

Pajak #

  • Status pajak – Hanya Kena Pajak / Pengiriman / Tidak Ada
  • Kelas pajak – Pilih kelas pajak mana yang akan diterapkan

Bagian inventaris #

Bagian inventaris memungkinkan Anda untuk mengelola stok produk secara individual dan menentukan apakah akan mengizinkan pesanan kembali dan banyak lagi. Ini memungkinkan Anda menjual produk dan memungkinkan pelanggan menambahkannya ke keranjang untuk membeli.

Aktifkan Manajemen Stok harus dipilih di Pengaturan Inventaris Produk; jika tidak, hanya opsi ‘Status stok’ yang terlihat di kotak Inventaris Data Produk.

Pilihan ketika manajemen stok di tingkat produk dinonaktifkan. Anda bertanggung jawab untuk memperbarui Status Stok.

Pilihan ketika manajemen stok di tingkat produk diaktifkan.

  • Masukkan Kuantitas Stok, dan WooCommerce secara otomatis mengelola inventaris dan memperbarui Status Stok secara otomatis sebagai Stok, Habis, atau Saat Dipesan Dahulu.
  • Pilih apakah akan Izinkan Pemesanan Awal.
  • Ambang batas stok rendah – Masukkan nomor yang akan diberitahukan kepada Anda.
  • Centang kotak Sold Individual untuk membatasi satu produk per pesanan.

 

Bagian pengiriman #

  • Berat – Berat item.
  • Dimensi – Panjang, lebar dan tinggi item.
  • Kelas Pengiriman – Kelas pengiriman digunakan oleh metode pengiriman tertentu untuk mengelompokkan produk serupa.

 

 

Bagian Produk Tertaut #

Menggunakan up-sells dan cross-sells, Anda dapat melakukan lintas promosi produk Anda. Mereka dapat ditambahkan dengan mencari produk tertentu dan memilih produk dari daftar tarik-turun:

WooCommerce Simple Product - Linked Products Tab

Setelah ditambahkan, mereka terdaftar di kolom input:

WooCommerce Simple Product - Linked Product Added

Up-sells ditampilkan di halaman detail produk. Ini adalah produk yang Anda mungkin ingin mendorong pengguna untuk meningkatkan, berdasarkan produk yang mereka lihat saat ini. Misalnya, jika pengguna melihat halaman daftar produk kopi, Anda mungkin ingin menampilkan ceret teh di halaman yang sama sebagai up-sell.

WooCommerce Product Up-Sells

Jual silang adalah produk yang ditampilkan dengan keranjang dan terkait dengan konten keranjang pengguna. Misalnya, jika pengguna menambahkan Nintendo DS ke keranjangnya, Anda mungkin ingin menyarankan agar mereka membeli stylus cadangan saat mereka tiba di halaman keranjang.

Pengelompokan – Digunakan untuk menjadikan produk sebagai bagian dari produk yang dikelompokkan. Info lebih lanjut di bawah di: Produk yang Dikelompokkan.

Bagian atribut #

Di tab Atribut, Anda dapat menetapkan detail ke suatu produk. Anda akan melihat kotak pilih yang berisi kumpulan atribut global yang Anda buat (mis., Platform).

Setelah Anda memilih atribut dari kotak pilih, klik tambahkan dan terapkan istilah yang dilampirkan ke atribut itu (mis., Nintendo DS) ke produk. Anda dapat menyembunyikan atribut di frontend dengan membiarkan kotak centang Terlihat tidak dicentang.

Atribut khusus juga dapat diterapkan dengan memilih atribut produk khusus dari kotak centang. Ini ditambahkan di tingkat produk dan tidak akan tersedia dalam navigasi berlapis atau produk lain.

Bagian lanjutan #

  • Catatan pembelian – Masukkan catatan opsional untuk dikirim kepada pelanggan setelah mereka membeli produk.
  • Urutan menu – Posisi pemesanan khusus untuk item ini.
  • Aktifkan Ulasan – Aktifkan / Nonaktifkan ulasan pelanggan untuk item ini.

 

Deskripsi singkat produk #

Tambahkan kutipan. Ini biasanya muncul di sebelah citra produk pada halaman daftar, dan deskripsi panjang muncul di tab Deskripsi Produk.

Taksonomi #

Di sisi kanan panel Tambahkan Produk Baru, ada kategori produk tempat Anda dapat menempatkan produk Anda, mirip dengan posting WordPress standar. Anda juga dapat menetapkan tag produk dengan cara yang sama.

WooCommerce Product Categories and Tags

Gambar produk #

Tambahkan gambar produk utama dan galeri gambar.

Mengatur opsi visibilitas katalog dan status fitur #

Di panel Publikasikan, Anda dapat mengatur Visibilitas Katalog untuk produk Anda.

  • Belanja dan cari – Dapat dilihat di mana saja, halaman toko, halaman kategori, dan hasil pencarian.
  • Belanja saja – Dapat dilihat di halaman toko dan halaman kategori, tetapi tidak di hasil pencarian.
  • Hanya pencarian – Terlihat di hasil pencarian, tetapi tidak di halaman toko atau halaman kategori.
  • Tersembunyi – Hanya terlihat di halaman produk tunggal – tidak di halaman lain.

Anda juga dapat mengatur apakah produk dipromosikan dalam kategori produk, penjualan atas, produk terkait sebagai Produk Unggulan. Misalnya, Anda dapat mencentang kotak Unggulan di semua bundel yang Anda jual.

Cara lain untuk menyetel sebagai Unggulan dijelaskan di bagian di bawah ini: Menandai produk sebagai Unggulan.

 

Menambahkan produk yang dikelompokkan #

Produk yang dikelompokkan dibuat dengan cara yang sama seperti produk Sederhana. Satu-satunya perbedaan adalah Anda memilih Dikelompokkan dari dropdown Jenis Produk.

WooCommerce Grouped Product - Inventory Tab

Untuk membuat produk induk Anda, pilih ‘Dikelompokkan’ dari dropdown Jenis Produk.

Buat produk yang Dikelompokkan #

  • Buka: WooCommerce> Produk> Tambahkan Baru.
    Masukkan Judul untuk produk yang Dikelompokkan, mis., Set Kembali ke Sekolah
  • Gulir ke bawah ke Data Produk dan pilih
  • Dikelompokkan dari tarik-turun. Harga dan beberapa bidang lainnya menghilang. Hal ini normal karena produk yang Dikelompokkan adalah kumpulan dari ‘produk anak’, di mana Anda menambahkan informasi ini.
  • Menerbitkan.

Produk yang dikelompokkan masih merupakan grup kosong. Untuk produk yang Dikelompokkan ini, Anda perlu:

  • Buat produk dan tambahkan
  • Tambahkan produk anak yang sudah ada

Memiliki pilihan untuk terlebih dahulu membuat produk Sederhana dan menambahkannya ke produk yang Dikelompokkan nanti; atau buat dulu produk yang Dikelompokkan dan tambahkan produk Sederhana nanti memberi Anda fleksibilitas untuk menambahkan produk Sederhana ke lebih dari satu produk yang Dikelompokkan.

Tambahkan produk ke Grup #

  • Buka: WooCommerce> Produk> Tambahkan Baru.
  • Pilih produk yang Dikelompokkan yang ingin Anda tambahi produk.
  • Gulir ke bawah ke Data Produk dan buka Produk Tertaut.
  • Pilih Produk yang Dikelompokkan, dan cari produk dengan mengetik
  • Klik produk yang ingin Anda tambahkan.
  • Memperbarui
  • Anda dapat menarik dan melepas untuk menyusun ulang Produk yang Dikelompokkan. Setelah Anda menekan Perbarui, pesanan baru akan ditampilkan di halaman produk.

 

Menambahkan produk virtual #

Saat menambahkan produk Sederhana, Anda dapat mencentang kotak Virtual di panel tipe produk.

Dengan produk Variabel, kotak centang ini dipindahkan ke setiap variasi.

Mengaktifkan ini, menonaktifkan semua bidang terkait pengiriman seperti dimensi pengiriman. Produk virtual juga tidak akan memicu kalkulator pengiriman di keranjang dan pembayaran.

#

Menambahkan produk yang dapat diunduh #

Saat menambahkan produk sederhana, Anda dapat mencentang kotak Downloadable di panel tipe produk. Ini menambahkan dua bidang baru:

  • Jalur file – Jalur atau url ke file Anda yang dapat diunduh.
  • Batas unduhan – Batasan berapa kali pelanggan dapat mengunduh file. Dikosongkan untuk unduhan tanpa batas.

Untuk fleksibilitas maksimum, produk yang dapat diunduh juga dikenakan biaya pengiriman (jika, misalnya, Anda menawarkan versi produk yang dikemas dan dapat diunduh, ini akan ideal). Anda juga dapat mencentang kotak Virtual jika produk yang dapat diunduh tidak dapat dikirim.

 

Menambahkan produk eksternal / afiliasi #

Pilih ‘Eksternal / Afiliasi’ dari dropdown jenis produk. Ini menghapus tab yang tidak perlu, seperti pajak dan inventaris, dan menyisipkan bidang URL produk baru. Ini adalah tujuan di mana pengguna dapat membeli produk tersebut. Daripada tombol Tambahkan ke Keranjang, mereka melihat tombol Baca Selengkapnya yang mengarahkan mereka ke URL ini.

 

Menambahkan produk variabel #

Produk variabel bisa dibilang merupakan jenis produk yang paling kompleks. Mereka memungkinkan Anda menentukan variasi dari satu produk yang setiap variasi mungkin memiliki SKU, harga, atau tingkat stok yang berbeda.

 

Menduplikasi produk #

duplicate

Untuk menghemat waktu, dimungkinkan untuk menggunakan produk dan menggandakannya untuk membuat produk serupa dengan variasi dan kualitas lainnya.

Buka WooCommerce> Produk dan lihat daftar produk yang ingin Anda tiru, lalu klik Duplikat.

 

Menghapus produk #

delete-product-woocommerce

Untuk menghapus produk:

  1. Buka: WooCommerce> Produk.
  2. Temukan produk yang ingin Anda hapus.
  3. Arahkan kursor ke area di bawah nama Produk dan klik Sampah.

 

Tandai produk sebagai Unggulan #

Untuk menandai produk sebagai unggulan, buka: Produk> Produk dan pilih Bintang di kolom unggulan. Alternatifnya, pilih Edit Cepat lalu opsi Unggulan.

Setting A Featured Product

Mengatur Produk Unggulan

 

Filter atau sortir produk #

Selain opsi di bawah ini, WooCommerce Customizer memberi Anda kemampuan untuk menyesuaikan Katalog Produk Anda. Pergi ke: WooCommerce Customizer – Katalog Produk.

Memfilter produk #

Gunakan fungsi Filter untuk mendapatkan jumlah produk, melihat produk menurut jenis, atau melihat produk mana yang Sedang Dipesan atau Habis.

  • Buka: WooCommerce> Produk.
  • Pilih Kategori, Jenis Produk dan / atau Status Stok, atau kombinasi dari ketiganya.
  • Klik Filter.

Menyortir produk #

Pengurutan berbeda dengan Pemfilteran, karena Anda dapat menyeret dan melepas produk untuk mengatur ulang.

  • Buka: WooCommerce> Produk.
  • Pilih Sorting.
  • Pilih Kategori, Jenis Produk dan / atau Status Stok, atau kombinasi dari ketiganya.
  • Klik Filter.

Sekarang Anda dapat menarik dan melepas produk dalam urutan yang Anda sukai.

 

ID Produk #

ID Produk WooCommerce terkadang diperlukan saat menggunakan shortcode, widget, dan tautan.

Untuk menemukan ID, buka Produk dan arahkan kursor ke produk yang Anda perlukan ID-nya. Nomor ID produk ditampilkan.

woo-product-id

 

Izinkan pemesanan di belakang #

Pilih apakah akan mengizinkan Pemesanan Awal dari dropdown, jika Anda mengelola stok pada suatu produk. Gunakan Pemberitahuan Lanjutan (pembelian terpisah) untuk membantu memberi tahu orang lain selain admin toko jika ada pemesanan di awal.

WOObackorders

Untuk memungkinkan pemesanan kembali, status Stok harus diatur ke Dalam Stok meskipun Jumlah Stok adalah 0 atau kurang.

Sebagian besar pembayaran gateway langsung ditagih. Jika Anda ingin menunggu untuk menagih pelanggan untuk suatu item ketika item tersebut kembali tersedia, gunakan WooCommerce Waitlist (pembelian terpisah) untuk mengirim email ke semua pengguna, memberi tahu mereka bahwa item tersebut kembali tersedia dengan tautan untuk membeli.

Powered by BetterDocs