10 Alasan Kenapa Blogspot Harus Anda Ditinggalkan

  • by

Sebelum memulai, apakah sudah tahu apa itu Blog?. Blog merupakan singkatan dari web log yang berarti aplikasi website yang berbentuk tulisan-tulisan (atau posting) pada sebuah halaman website. Awalnya blog digunakan untuk pribadi saja seperti menceritakan pengalaman, perjalanan, menyalurkan hobi menulis dan sebagiannya. Namun sekarang blog memiliki banyak jenisnya seperti blog traveling, politik, komunitas, lifestyle, kecantikan, fashion, sastra, foodotomotif, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa platform blog yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu Blogspot dan WordPress. Dua platform blog ini memiliki beberapa keunggulan tersendiri yang menjadikan dua layanan ini menjadi populer.

Blogspot

Blogspot atau Blogger diluncurkan di tahun 1999 yang dulunya dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google tahun 2003. Blog yang terkenal dengan warna oren yang ikonic ini sempat ramai digunakan di Indonesia karena layanannya yang gratis, simple dan mudah digunakan apalagi untuk pemula.

WordPress

Berbeda dengan Blogspot, WordPress adalah aplikasi sumber terbuka (open source) yang digunakan sebagai mesin blog. WordPress sendiri diciptakan tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. WordPress memiliki beberapa versi yakni WordPress.com dan WordPress.org. WordPress pun ada yang free dan ada yang berbayar untuk fitur yang lengkap.

Dua platform ini saling bersaing karena keduanya adalah yang paling sering digunakan. Namun seiring berjalannya waktu, Blogspot mulai tergeser oleh hadirnya beberapa platform blog lainnya seperti WordPress yang jauh lebih baik secara performa dan fungsionalitasnya. Banyak kekurangan dari Blogspot yang menyulitkan penggunanya.

Nah berikut ini ada 10 Alasan Kenapa Blogspot Harus Anda Ditinggalkan. Mari kita simak…

Tampilan Sederhana dan Kustomisasi Yang Terbatas

Blogspot secara default hanya menyediakan satu set template yang sangat sederhana dan terbatas untuk digunakan. Pengguna Blogspot masih bisa merubah warna, tetapi tidak bisa membuat tata letak yang unik sesuai keinginan.

Bila kamu tidak mengerti bahasa HTML, CSS atau bukanlah web developer, maka kamu akan kesusahan untuk menyesuaikan tampilan Blogspot agar enak dipandang. Ada beberapa template Blogspot non resmi yang dapat digunakan tetapi kualitasnya rendah dengan limited customization. Hal ini membuat tampilan Blogspot menjadi sangat simple dan mirip dengan pengguna Blogspot lainnya yang tak ada keunikan yang mencolok.

Kurang Profesional dan Dianggap Amatir

Blogspot memberikan layanan gratis dibandingkan beberapa kompetitor lainnya seperti WordPress. Karena Blogspot gratis, Blogspot dikaitkan dengan blog amatir. Blogspot tidak disarankan untuk menghasilkan uang tidak bisa mengatur domain sendiri. Blogspot akan kalah saing bila Anda mencari menggunakan blog untuk mempromosikan brand.

SEO dan Backlink Yang Kurang Optimal

Digital marketing seo photo concept idea with special infographic content Premium Photo

Google memberi peringkat atas berdasarkan beberapa faktor seperti kualitas konten, otoritas domain dan SEO yang dioptimalkan. Salah satu yang mempengaruhi SEO adalah backlink. Backlink adalah sumber traffic yang sangat berpengaruh untuk blog. Nah, walaupun Blogspot sudah diakuisisi oleh Google, tetapi Blogspot ini tidak memiliki peringkat yang cukup baik di halaman pencarian.

Blogspot sebenarnya melakukan pembaruan besar di tahun 2011 yaitu Tampilan Dinamis Blogspot (Blogspot Dynamic View). Namun Tampilan Dinamis tidak ramah SEO. Google spider hanya dapat membaca teks saja. Mereka tidak dapat mendeteksi gambar, video, flash dan javascript secara menyeluruh.

Lupa Kepemilikan Konten

Perlu Anda ketahui, konten blog memiliki nilai sentimental dan moneter. Hal ini menjadikan blog menjadi pribadi untuk individu atau perusahaan yang mengelolanya.

Memang konten yang kamu posting di Blogspot itu adalah konten yang dibuat olehmu tetapi itu bukan hak milikmu. Hal itu karena kontenmu berada di Blogspot yang otomatis juga berada di Google. Google memiliki hak untuk shutdown kontenmu dengan menghapus kontenmu yang dianggap out of the line (melanggar) dalam sekejap. Atau Blogspot akan mematikan aksesmu sewaktu-waktu. Berbeda dengan WordPress yang bisa menentukan kapan ingin mempertahankan kontenmu hingga kapan saja atau memutuskan untuk membagikan dengan pihak ketiga.

Tidak Bisa Menghasilkan Uang

The money writes with white chalk is on hand, draw concept. Free Photo

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa blog adalah media untuk menghasilkan uang. Blog dianggap bisa menjadi platform untuk promosi, baik itu sebuah produk atau layanan jasa. Ada keuntungan tersendiri Blogspot akuisisi dengan Google yang membuatnya menjadi Google-sentris yaitu bisa menambahkan Google AdSense di Blogspot. Hal ini menguntungkan pengguna Blogspot. Tetapi ada beberapa pembatasan (restrictions) yang menentang layanan dan penjualan produk dari pengguna.

Penyimpanan Gambar Yang Sedikit

Artikel dengan tulisan yang bagus, gambar dan elemen multimedia lainnya seperti audio dan video bisa menarik perhatian visitor untuk dibaca dan dibagikan.  Ketika gambar Anda bagus dan menarik, bisa meningkatkan traffic terhadap blogmu.

Permasalahannya adalah Blogspot hanya menawarkan 1GB storage untuk gambar yang sangat terbatas untuk kebutuhan blog Anda. Sebenarnya Blogspot menawarkan opsi berbayar untuk meningkatkan ke Google+ yang akan disimpan di Google+ Foto. Tetapi Google+ mulai dimatikan secara efektif di tahun 2019.

Tidak Ada Kontrol Komentar

Di Blogspot, Pada tab dashboard yang digunakan untuk mengelola komentar sangat terbatas.

Banyak Spam Karena Kurangnya Plugin

Jangan heran bila kamu pengguna Blogspot maka inbox penuh dengan spam. Hal ini karena Blogspot memiliki keterbatasan tools dan plugin. Blogspot tidak memiliki plugin anti-spam yang bisa diinstall. Selain komentar, backlink juga bisa menjadi spam yang tentu saja dapat mengganggu Anda.

Keterbatasan Karakter dan Halaman

Halaman pribadi atau perusahaan tentunya dimiliki sebuah blog untuk mengenalan identitas blog itu. Sayangnya Blogspot memiliki kekurangan terhadap hal ini yaitu keterbatasan karakter.

Di bagian “about me” di halaman profil dibatasi hanya 1200 karakter saja. Tak hanya itu, di bagian “info and hobbies” hanya dibatasi 2000 karakter. Belum lagi deskripsi blog maksimal 500 karakter. Hal ini menjadi kekurangan dari Blogspot dengan kompetitor lainnya yang ingin menyampaikan banyak hal yang detail ke pembaca.

Blogspot membatasi ukuran halaman pada 1MB. Bisa saja hanya karena 1 gambar bisa menghabiskan kapasitas halaman. Untuk menyiasati keterbatasan kapasitas, Blogspot menambahkan opsi yakni menambahkan halaman teks yang terhalang dengan membaginya di antara halaman. Tetapi pengguna tidak diizinkan mendaftar lebih dari 100 posting dalam satu halaman. Pengguna hanya dapat membuat 20 halaman di Blogspot.

Tidak Ada Upgrade Yang Signifikan

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang dan canggih, begitupun seharusnya sebuah platform. Kenyataannya adalah Blogspot tidak ada melakukan upgrade yang signifikan dan memperbaiki masalah yang ada.

Kesimpulan

Setelah membaca 10 alasan di atas tentu Anda sudah bisa menyimpulkan kenapa Blohspot sudah harus ditinggalkan. tampilan sederhana dan kustomisasi yang terbatas, kurang profesional, banyak spam karena kurangnya plugin, SEO dan Backlink kurang optimal, tidak menghasilkan uang, lupa kepemilikan konten, penyimpanan gambar sedikit, tidak ada kontrol komentar, keterbatasan karakter dan halaman, dan hal yang paling penting adalah tidak ada upgrade secara signifikan terhadap layanan Blogspot selama beberapa tahun ini.