Apa itu Content Creator dan Seberapa Penting Dalam Bisnis?

  • by

Apa itu Content Creator?

Sesuai namanya, content creator adalah orang yang berprofesi untuk membuat konten, termasuk konten untuk promosi bisnis.

Konten yang dibuat seorang Content Creator bisa dalam bentuk artikel, video, ebook, infografik, foto, dan lain-lain. Konten tersebut bisa diposting di beberapa media seperti blog, YouTube, dan lain-lain.

Dengan keahlian yang dimiliki, seorang content creator dapat membantu Anda dalam menjalankan strategi digital marketing. Sebab, dengan konten berkualitas yang tepat sasaran akan lebih mudah untuk memasarkan suatu produk.

5 Alasan kenapa Content Creator penting didalam sebuah bisnis

1. Memudahkan Membuat Konten Menarik

Dalam mempromosikan bisnis atau produk Anda, tentu perlu konten yang menarik berkualitas. Disinilah peran penting seorang Content Creator didalam sebuah bisnis.

2. Membangun Konsistentsi Branding

Seorang Content Creator mampu merealisasikan karya-karya yang unik dan menarik. Misalnya, dalam penggunaan font, warna, dan tone yang tepat sesuai brand image bisnis tersebut.

Jadi nantinya produk Anda akan mudah dikenali dengan hanya melihat salah satu konten yang dibuat seorang Content Creator.

3. Membantu Anda Tampil sebagai Expert

Konten yang relevan dan bermanfaat dapat membantu pelanggan mengenal Anda sebagai ahli di bidangnya. Dengan konten-konten tersebut, bisnis Anda pun semakin dipercaya oleh pelanggan.

4. Mengelola dan Membuat Strategi Konten

Ada beberapa langkah dalam membangun konten yang baik. Anda perlu mengetahui siapa target pasar Anda, apa kebutuhan target pasar Anda, serta kapan mempublish konten tertentu. Contohnya target pasar Anda adalah mereka generasi milenial yang menyukai game, tentu konten yang perlu dibuat menggunakan bahasa yang kekinian dan tidak kaku.

5. Membantu Konten Anda Lebih Mudah Ditemukan

Untuk mencapai tujuan content marketing, Anda membutuhkan beberapa strategi SEO, seperti penggunaan kata kunci, kualitas konten yang baik, dan lainnya. Jadi, selain membuat konten yang menarik, Anda juga perlu menerapkan optimasi SEO pada konten Anda.

Nah biasanya, peran content creator dapat membantu Anda membuat konten yang tak hanya menarik tetapi juga SEO friendly. Jadi, konten Anda bisa lebih mudah muncul di ranking satu pencarian Google.

 

5 Kriteria Content Creator yang Baik

Sebelum Anda ingin bekerja sama dengan content creator, mari simak dulu kriteria untuk memilih seorang content creator yang baik.

1. Memiliki Ide-Ide yang Kreatif

Content Creator selalu memiliki ide-ide yang kreatif akan membuat promosi Anda sukses dan sesuai target.

2. Mempunyai Kemampuan Riset yang Baik

Hasil konten yang baik bisa didapatkan melalui banyak cara, salah satunya dengan melakukan riset. Langkah ini akan membuat konten Anda sesuai dengan yang dibutuhkan target pembaca.

3. Menguasai Tools Pendukung

Seorang content creator harus menguasai tools pendukung agar konten yang dihasilkan maksimal, contohnya video editing dan Google Analytics.

4. Kemampuan Komunikasi

Skill ini penting supaya tidak terjadi miskomunikasi dalam berkoordinasi dengan Anda. Jadi, project yang Anda jalankan bisa berjalan dengan baik.

5. Memahami SEO

Adalah sebuah paket lengkap jika seorang content kreator sudah memahami SEO, selain membuat konten yang menarik, jika sudah memahami SEO maka konten yang promosikan akan dijangkau lebih banyak orang di internet dan sesuai target pasar yang akan menjadikan produk Anda laris manis dalam penjualan online.

 

Berbicara tentang penjualan online, untuk tetap kompetitif pada era serba online saat ini peran digital marketing adalah sarana utama atau ujung tombak pemasaran, kami siap membantu Anda dengan berbagai layanan seperti jasa pembuatan website, konsultan beriklan online pada Google dan Instagram.

Silahkan menghubungi kami untuk berkonsultasi.