4 Website untuk Membuat Logo Online Gratis

  • by

Jika Anda ingin memasarkan produk/bisnis Anda sendiri, hal yang pasti Anda lakukan adalah branding, salah satu aktivitas branding adalah membuat logo. logo adalah wajah sekaligus cerminan value dari bisnis Anda.

Di artikel kali ini, kita akan membahas 4 website yang bisa kita gunakan untuk membuat logo online secara gratis. Mari kita simak…

Tips Membuat Logo Supaya Terlihat Baik dan Apik

1. Simpel

Perlu di ingat, buatlah logo yang simpel dan jangan membuat logo yang terlalu rumit, logo yang simpel akan semakin mudah untuk dikenali dan diingat orang.

2. Unik

Unik disini bukan berarti rumit, buatlah logo yang unik agar mudah dikenali dan mudah untuk di bedakan dengan kompetitor.

3. Tak mudah ketinggalan zaman

Logo adalah investasi jangka panjang, jadi buatlah logo yang out of the box, jangan ikuti tren sekarang, karena jika tren sudah lewat maka logo Anda akan terlihat kuno.

4. Kemudahan aplikasi

Logo adalah identitas dari bisnis Anda. Maka disaat ingin membuat logo, apakah sudah memenuhi kriteria dibawah ini?

  • Apakah logo bisa dicetak di permukaan terang dan gelap?
  • Apakah logo terlihat baik jika dicetak dalam ukuran besar atau kecil sekali?
  • Apakah logo tetap terlihat jelas jika dicetak di berbagai media seperti mug, kaos, atau branding kit lainnya?
  • Apakah logo tetap terlihat baik untuk dipasang di berbagai media online (favicon, profile picture, dan lain-lain)?

 

4 Website untuk Membuat Logo Online Gratis

1. Canva

Jika Anda belum pernah mendengar atau memakai Canva sebelumnya, Anda melewatkan salah satu tool desain terbaik abad ini. Canva adalah sebuah platform desain yang diciptakan untuk membantu nondesainer memenuhi kebutuhan konten visual. Dengan Canva, Anda bisa mendesain berbagai materi untuk mendukung brand awareness bisnis maupun personal branding Anda. Mulai dari presentasi, poster, hingga instagram stories. Tentu saja desain logo termasuk salah satu di antaranya.

Di bawah ini cara menggunakan Canva, tapi Anda harus membuat Akun terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya dengan meng-klik tombol Sign up yang tersedia di halaman utamanya.

 

Langkah 1: Pilih Format Desain

Setelah membuat akun, Anda akan masuk ke Dashboard Canva. Untuk membuat logo, klik ikon-nya pada bagian Create a design seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Canva 1

Langkah 2: Pilih Template

Canva memungkinkan Anda untuk langsung memilih template atau contoh desain. Klik menu Template yang ada di sebelah kiri layar dan carilah desain yang Anda kehendaki.

Canva 2

Untuk melihat semua template dalam sebuah kategori, klik See all.

 

Langkah 3: Atur Desain Logo

Untuk mengedit suatu objek, Anda perlu meng-kliknya. Kemudian, sebuah toolbar akan muncul di atas preview logo.

Di toolbar ini Anda dapat mengubah berbagai hal, termasuk jenis font, ukuran teks, format, dan lainnya.

Canva 3

Apabila ingin meng-undo pengaturan, Anda dapat meng-klik tombolnya pada bagian atas halaman.

Canva 4

 

Langkah 4: Unduh Desain Logo

Langkah terakhir setelah mengedit logo Anda adalah mengunduhnya. Klik tombol download di pojok kanan atas untuk memilih tipe file yang diinginkan, kemudian klik Download.

Sebagai catatan, ukuran logo yang Anda unduh hanya 500 x 500 pixel. Anda perlu menjadi member premium agar dapat men-download desain dalam resolusi yang lebih besar.

Canva 5

 

2. Zyro

Jika Anda perlu mendesain logo dengan cepat, gampang, dan tetap terlihat profesional ─ Zyro lah jawabannya. Platform satu ini menyediakan segala hal yang Anda butuhkan untuk membuat logo yang apik. Mulai dari pilihan font, icon, warna, formatting, sampai dengan layout.

Langkah 1: Pilih Template dengan AI Logo Generator

Menggunakan Zyro logo maker sangatlah mudah. Akses websitenya, lalu klik tombol buat logo.

Tombol untuk mulai membuat logo di Zyro

Anda akan dibawa ke halaman editor logo Zyro, tetapi Anda harus memilih template sebelum bisa mengaturnya. Jangan khawatir, ini tidak akan memakan waktu lama. Mari mulai dengan klik tombol continue.

Instruksi membuat logo di Zyro

Pertama-tama, pilih desain logo Anda dan klik tombol continue untuk melanjutkan.

Memilih template logo di Zyro

Apakah opsi yang muncul tidak sesuai harapan Anda? Jangan terburu berkecil hati. Anda bisa tekan tombol spasi untuk menampilkan opsi lainnya.

Kedua, tentukan warna logonya. Sama seperti langkah sebelumnya, tekan tombol spasi jika warnanya tidak ada yang cocok dengan Anda.

Memilih warna logo di Zyro

Ketiga, pilih bentuk logo Anda. Jika sudah selesai, klik tombol continue.

Memilih bentuk lofo di Zyro

Nah, dengan ini template logo Anda sudah jadi. Ada tiga opsi yang bisa Anda lakukan dengannya, yaitu:

  • Download logo — apabila sudah puas dengan template tersebut, klik tombol ini untuk mengunduhnya.
  • Generate new logo — jika Anda ingin memilih template baru, pilih opsi ini.

Open in logo maker — klik tombol ini jika Anda ingin mengatur desain logo lebih lanjut.

Opsi setelah membuat template logo di zyro

Pastinya Anda ingin tahu cara mengatur logonya agar lebih sesuai keinginan, bukan? Oleh karena itu, mari simak penjelasan berikutnya.

Langkah 2: Mengenal Logo Editor Zyro

Untuk mempelajari cara kustomisasi logo dengan Zyro, mari perhatikan dulu menu yang ada di logo editor-nya.

Interface logo editor Zyro

Sekilas pandang, logo editor milik Zyro sangat mudah dipahami. Di sebelah kiri layar terletak semua menu yang bisa Anda gunakan untuk mengatur desain logo. Sisa bidang yang muncul di layar adalah preview desain logo Anda.

Nah, secara default, teks di logo Anda hanya berbunyi “Logo”. Untuk menggantinya, ketikkan nama bisnis Anda di kolom Brand name. Di bawah kolom tersebut, Anda juga bisa mengetikkan slogan bisnis Anda.

Kolom nama dan slogan logo di Zyro

Kemudian, Anda bisa menentukan letak teks dengan klik salah satu dari keempat ikon di bawah kedua kolom tadi.

Layout logo di Zyro

Perlu diingat bahwa Anda juga bisa mengubah letak teks dengan mengkliknya di preview. Contohnya akan kami tunjukkan di penjelasan berikutnya.

Terakhir, Anda dapat menambahkan simbol ke desain logo dari pilihan yang tersedia di kolom pojok kiri bawah.

Simbol untuk logo di Zyro

Teks yang sudah Anda masukkan masih dapat dikustomisasi lebih lanjut. Untuk melakukannya, klik teks tersebut. Ini akan memunculkan baris menu akan muncul di bagian atas preview.

Menu kustomisasi logo di Zyro

Ada beberapa aspek teks yang dapat Anda ubah melalui menu tersebut, termasuk:

  • Jenis font
  • Ukuran teks
  • Warna teks
  • Gaya teks (bold, italic, underlined)
  • Jarak antar karakter

Sebagai contoh, kami mengganti jenis font dan ukuran teks seperti di bawah ini.

Hasil kustomisasi logo di Zyro

Namun, seperti yang dapat Anda lihat, letak teksnya kurang rapi setelah kustomisasi tadi. Hal ini bisa diatasi dengan menggeser teks ke letak yang diinginkan. Contohnya seperti berikut ini.

Hasil merapikan teks logo di Zyro

Nah, jika sudah puas dengan desain yang Anda buat, klik tombol download yang ada di pojok kanan atas layar. Logo tersebut langsung diunduh ke komputer Anda.

Tombol download desain logo di Zyro

Sebagai catatan, jenis file yang akan Anda dapatkan adalah PNG. Dengan demikian, background logo Anda transparan, sehingga bisa diletakkan di bidang berwarna apapun.

3. Oberlo

Oberlo adalah add-on dropshipping yang dibuat eksklusif untuk Shopify. Di samping fungsi utamanya tersebut, Oberlo juga menyediakan fitur untuk desain logo online shop gratis.

Tampilan UI Oberlo Logo Maker jauh dari kesan rumit. Begitu Anda masuk, Anda akan langsung melihat satu kanvas putih besar dan pilihan menu di bagian kiri. Di menu tersebut terdapat tiga submenu, yaitu nama online shop, pilihan icon, dan pilihan posisi teks serta icon utama.

Oberlo sangat cocok untuk membuat desain logo yang generik atau terkesan simpel. Maka, Oberlo tidak disarankan untuk Anda yang ingin bereksperimen karena icon yang di sediakan terlalu sedikit dan tidak memiliki keunikan.

 

4. Hatcful

Website untuk membuat logo online secara gratis yang terakhir di artikel ini adalah Hatcful. Selain Oberlo, Shopify memiliki tool untuk membuat desain logo online lainnya bernama Hatchful. Berbeda dengan Oberlo, Hatchful menawarkan opsi membuat logo online gratis yang lebih lengkap.

Berikut panduan cara menggunakan Hatchful:

Langkah 1: Pilih Industri Anda

Pertama-tama, klik tombol Get Started pada halaman utama situs Hatchful. Pada halaman selanjutnya Anda perlu meng-klik kategori industri yang digeluti bisnis Anda.

Hatchful 1

Di Hatchful, Anda dapat memilih sendiri model desain logo. Ada berbagai pilihan gaya yang ditawarkan, mulai dari bold hingga vintage.

Hatchful 2

Langkah 3: Ketikkan Nama Bisnis

Masukkan nama bisnis Anda pada kolom yang tersedia di halaman berikutnya. Selain itu, Anda juga dapat menyebutkan slogan bisnis.

Hatchful 3

Selanjutnya, Anda diminta untuk menyebutkan media yang ingin diberi logo. Anda dapat memilih lebih dari satu opsi.

Hatchful 4

Hatchful membuat beberapa rekomendasi desain untuk Anda berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tadi. Sekarang, Anda tinggal memilih yang paling Anda sukai.

Sebagai catatan, beberapa desain yang dibuat Hatchful memang tidak dapat disisipi slogan. Apabila Anda masih menginginkan slogan di logo Anda, pilihlah desain yang mendukungnya. Nanti Anda dapat mengganti desain melalui halaman editor.

Hatchful 5

Pengaturan yang ditawarkan pada halaman editor Hatchful terbilang minimalis jika dibandingkan milik ketiga tools sebelumnya.

Tidak ada menu untuk mengubah ukuran font dan penempatan objek-objek di logo Anda. Jadi, Anda hanya dapat menentukan jenis font, warna logo secara keseluruhan, dan ikon-nya.

Selain itu, editor Hatchful tidak memiliki tombol undo atau redo untuk mengkoreksi pengaturan yang Anda buat.

Hatchful 6

Jika sudah selesai, Anda tinggal klik tombol Next yang ada di bawah halaman.

Kini Anda tinggal mengundul desain yang telah dibuat. Asyiknya, Hatchful tidak hanya memberikan versi resolusi penuh dari logo Anda, tetapi sekaligus versi yang sudah di-resize ke berbagai ukuran.

Hatchful 7

Apabila Anda belum memiliki akun, meng-klik tombol Download Logo akan menampilkan formulir sign-up.

 

Website Manakah yang Terbaik?

Setelah mengenal 4 website untuk membuat logo online gratis diatas, manakah yang terbaik? Tentu itu relatif ya, sesuai kebutuhan Anda juga, jika perlu yang sangat simpel dan cepat, Anda bisa pilih Oberlo. Jika Anda ingin bereksperimen, bisa memilih Canva atau yang lainnya. Tentu branding itu untuk meningkatkan penjualan juga, baik secara offline maupun online

Ngomong-ngomong soal penjualan online, untuk tetap kompetitif pada era serba online saat ini peran digital marketing adalah sarana utama atau ujung tombak pemasaran, kami siap membantu Anda dengan berbagai layanan seperti jasa pembuatan website, konsultan beriklan online pada Google dan Instagram.

Silahkan menghubungi kami untuk berkonsultasi.